Teknologi Li-Fi (Light Fidelity)

Saat ini, teknologi transfer data nirkabel yang paling banyak digunakan adalah Wi-Fi. Hampir semua perangkat elektronik seperti PC, Notebook, smartphone, tablet, smartwatch dan lainnya sudah menyematkan Wi-Fi untuk konektivitas internetnya. Tapi sebentar lagi akan hadir teknologi Li-Fi dimana fungsinya sama seperti Wi-Fi namun menggunakan media cahaya.
Li-Fi, atau Cahaya Fidelity, adalah metode yang menggunakan cahaya tampak – pada dasarnya, cahaya kita bisa melihat dengan mata telanjang – untuk mengirimkan informasi melalui udara. Itu yang wifi tidak dengan teknologi frekuensi radio tradisional (RF) tua yang baik.
Cara kerja dari teknologi baru Li-Fi ini sangatlah sederhana. Anda harus memiliki sumber cahaya di salah satu ujung seperti LED, dan juga sumber cahaya lain seperti detektor foto (Light Sensor) di ujung lainnya. Begitu LED mulai bersinar, foto detektor atau sensor cahaya pada ujung lainnya akan mendeteksi cahaya dan diartikan sebagai biner 1.
Bagaimana data akan dikirimkan melalui teknologi Li-Fi ini? Menyalakan cahaya LED dalam jumlah tertentu akan membuat sebuah pesan tertentu yang akan dikirimkan. Kilatan cahaya tersebut kemudian akan ditangkap oleh detector cahaya yang akan menerima pesan yang disampaikannya tersebut. Sekarang, bayangkan jika ada beberapa LED dengan warna yang berbeda, berkedip bersama -sama dan membangun informasi yang sangat besar untuk dikirimkan secara sekaligus. Untuk saat ini bisa diperkirakan jika laser warna hijau dan laser warna merah digunakan secara bersamaan akan dapat mengirimkan data pada kecepatan 1 Gbps.
Yap, cahaya tersebut sama seperti yang kita gunakan baik ruang cahaya dapat digunakan untuk konektivitas nirkabel. Yang dibutuhkan adalah versi modifikasi dari lampu LED yang ada untuk mengirim sinyal, dan perangkat dilengkapi dengan sensor cahaya yang tepat untuk menerimanya.
Berdasarkan hasil percobaan para ilmuan, kecepatan Li-Fi (LightFidelity) telah mencapai kecepatan hingga 50 Mbps. Li-Fi menjanjikan kecepatan transfer yang lebih cepat dibanding Wi-Fi dan Li-Fi kemungkinan akan menggantikan Wi-Fi dimasa mendatang.
Li-Fi memiliki sepuluh kali kecepatan data yang lebih tinggi dibandingkan dengan WiFi. Hal ini desebabkan karena jenis leds berbeda dari jenis lampu lain karena mereka semikonduktor . Jika dibandingkan dengan WiFi yang hanya bisa mencapai 100 Mbits / s kecepatan data atau 10 kali lebih rendah daripada Li-Fi.
Keuntungan terbesar dari teknologi Li-Fi ini adalah kemudahan akses internet di berbagai daerah terpencil yang tidak bisa dijangkau oleh kabel optik, selain itu Li-Fi juga dapat digunakan untuk memperluas jaringan nirkabel di rumah, sekolah, bahkan kantor.
Jadi, di mana saja ada lampu LED dan perangkat cahaya-sensor dilengkapi disitu ada konektivitas internet. Selama semua lampu di rumah atau ruang kerja dilengkapi dengan teknologi, Anda dapat berpindah dari sumber cahaya ke sumber cahaya dan mempertahankan koneksi yang lancar dan cepat.
Views All Time
Views All Time
101
Views Today
Views Today
2

14 Comments

  • Fella Megita Putri

    Artikelnya bermanfaat banget Mey, jadi tau tentang teknologi Li-Fi. Thanks for sharing yaa 🙂

  • Siti Shelatul Aulia

    Sangat bermanfaat nih. thanks for sharing ya 🙂

  • Sarah Riwanda Shofroh

    Wawww kereeenn teknologi sudah semakin berkembang pesat, siap siap nih kita semua ada teknologi baru muncul yaitu teknologi LI FI, kalo bener kaya gitu hebat banget yaa
    Ini informasi yg bermanfaat banget mey, thanks ya sharing nya 😄😊

  • Sintia Novita Sari

    waah ilmu baru nih mey, artikel nya sangat bermanfaat sekali. thanks for sharing ya mey

  • sitielarohilah

    wah meylda keren nih, makasih ya udah sharing tentang Teknologi Li-Fi. bermanfaat banget jadi nambah ilmu nih tentang Li-Fi itu sendiri

  • syahidah

    artikel yang bermanfaat mey
    mey keren. Terima kasih Mey sudah share

  • sitinurhayati

    artikel yang bermanfaat mey
    mey keren
    jadi tambah pengetahuan lagi hehe
    thank for sharing mey 🙂

  • bambanghermawan

    Wahh Kemajuan teknologi sudah semakin pesat dan berkembang Hebat sekali yah kalau bisa diwujudkan dan diterapkan baru tahu juga nih ada yang kaya ginian ;D Thanks For Sharingnya i like it.

  • meisaerawati

    Thanks sharingnya Mey 🙂

  • rizkiafriliani

    Makasih udah share mel 🙂

  • dwiayu

    artikelnya sangat bermanfaat mey , thanks yaa udah share 🙂

  • nindalutfiani

    Waaah keren Mey teknologi Li-Fi , 10X lebih cepat dari teknologi Wi-Fi kemudahan akses juga yang bisa menjangkau ke desa terpencil yang tidak menjangkau kabel optik .
    Thanks for sharing SuperMey 😊💕

  • ekamarjayanti

    Artikel yang menarik juga bermanfaat nih Mey, Thx for sharing yaaa 🙂

  • natanael

    Terima kasih Mey sudah share nih tentang Teknologi Li-Fi.
    Seperti yg kita tahu teknologi nirkabel salah satunya menggunakan frekuensi radio konvensional pada Wi-Fi, skrg ada jenis teknologi baru menggunakan cahaya yg di buktikan 10x lebih cepat dari teknologi Wi-Fi.

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.