5 PROJECT SKRIPSI BERBASIS IOT

Hello All 😀

Pada kesempatan kali ini saya Mey dari Tim CCIT mau share perihal mahasiswa CCIT yang berhasil membuat project skripsi nya dengan 5 alat sekaligus lohhh.. Waahh hebat bukan? Nah 5 alat yang dibuatnya pun sudah berbasis Internet of Things (IOT).

Perihal project yang dia buat ini berhasil mengantarkan dia dengan nilai yang sangat memuaskan yaitu A pada sidang skripsinya.  Mahasiswa ini juga berhasil menjadi juara 1 dalam acara Raharja Career 2016 ini. 

Naahh, Siapa sih mahasiswa itu? hehe

 

 

 Nata Nael 1233470648 mahasiswa Jurusan Sistem Komputer dengan konsentrasi CCIT. iMe personal : http://natanael.ilearning.me/

 

 

Beberapa prestasi dan kompetisi yang pernah di ikuti selama kuliah di STMIK Raharja :

  •  ILearning IDOL 2013 (Juara 3)

 

  •         

Top 40 Exhibitor Google Hackfair Indonesia 2015 (Robocam)

Berikut project yang dia buat saat skripsi :

(SMART FARMING)

cara kerja alat yang diusulkan adalah memanfaatkan aplikasi social chat seperti Google Hangout yang merupakan aplikasi besutan Google. Dengan menggunakan perintah chat “Pinoff 7” melalui Google Hangout untuk menonaktifkan mesin pompa air. Apabila perintah chat “Pinon 7” ke Google Hangout maka untuk menyalakan mesin pompa air

(PEOPLE COUNTER)

Adapun cara kerja alat yang diusulkan adalah menggunakan PIR Sensor untuk mendeteksi keberadaan orang di dalam ruangan yang datanya diupload ke server Ubidots, yang datanya bisa dipantau dalam bentuk status yang dihitung setiap 5 menit dalam sebuah website.

 

(Surveillance Robot Camera berbasis Internet)

Adapun cara kerja alat yang diusulkan adalah menjadi berbasis internet yaitu menggunakan akun Weaved yang merupakan Website berbasis IoT yang memberikan IP Publik pada Raspberry Pi sehingga bisa dikendalikan dengan jarak yang sangat luas menggunakan internet melalui sebuah website. Untuk bisa terhubung dengan Suro secara online harus di install menggunakan akun Weaved API (application programming interface)

(Sistem pengontrolan rumah otomatis berbasis Internet of Things)

Adapun cara kerja alat yang diusulkan adalah memanfaatkan aplikasi chat seperti Telegram. Dengan menggunakan perintah chat “Relayoff” melalui telegram ke nomer yang dituju untuk menonaktifkan lampu yang dalam hal ini memanfaatkan lampu sebagai elektronik rumah tangga. Apabila perintah chat “Relayon” ke nomer yang dituju  untuk menyalakan lampu. Kemudian data tentang lampu nyala atau lampu mati diupload ke Server Ubidots yang datanya bisa dilihat berupa status on/off pada sebuah website.

(Penelitian Pendeteksi Asap Rokok berbasis Internet of Things)

cara kerja alat yang diusulkan adalah menjadi berbasis internet yaitu menggunakan Raspberry Pi, Google Mail, dan Ubidots dimana Sensor Gas MQ-2 menggunakan pin digital yang sudah diatur kalibrasinya dengan nilai variable 100 akan melakukan input kepada Raspberry Pi untuk melakukan capture berupa gambar yang diupload dan dikirimkan melalui email ke akun Gmail yang dituju sebagai admin, kemudian data yang didapat dari input itu di upload ke server Ubidots dengan status “Ada yang Merokok” setiap sensor gas MQ-2 mendeteksi asap.

Check this out!

Nah, bagi mahasiswa yang mau skripsi diarahkan untuk menghasilkan karya/product teknologi produktif yang menjadi solusi bagi dirinya dan masyarakat. Dan harus peka akan adanya Internet of Things ini untuk mempermudah aktifitas manusia nantinya. Review ini semoga bisa memotivasi mahasiswa untuk bisa menghasilkan project seperti ini yakni berbasis IOT.

Sekian review dari kami, Terimakasih. 😀

Views All Time
Views All Time
4445
Views Today
Views Today
23

8 Comments

  • anggy

    terus jadi pribadi yg berkarya ya ka nat ^^

  • romzinaufal

    Berkaryalah ka Nat, Nice sharing tentang project2 apa saja yang bisa dikembangkan atau dibuat untuk project skripsi hehe 😀

  • nazmudinseptiyadi

    terimakasih sudah jadi inspirasi kami anak ccit

  • rizkiafriliani

    Terus berkarya Ka Nat 😀
    Ka Nat hebat 😀

  • ekamarjayanti

    sangat memotivasi Ka Nat dan terus berinovasi 🙂

  • Sarah Riwanda Shofroh

    wahh lanjut berkarya terus ya ka nat, memotivasi banyak orang banget nih ka, semoga mahasiswa lain juga seperti ka nat nih kalau bikin project 🙂

  • natanael

    Terima kasih Pak Agus masukkan dan saran yg memotivasi.
    Semoga apa yg sudah dicapai tetap terus mencapai lebih baik lagi. 🙂

  • Ignatius Agus Supriyono

    Lanjut terus berinovasi Nat …. ilmu itu jika digali tidak akan ada habisnya ..
    selagi masih muda, banyak waktu untuk berekspesi dan berinovasi … lanjutkan ..

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.