Mobile Intercom – Communication Device Anytime and Anywhere


WHAT MOBILE INTERCOM

Mobile Intercom merupakan sebuah alat komunikasi yang menghubungkan antara alat dengan smartphone. Komunikasi yang dikirimkan pada Mobile Intercom bisa berupa pesan, gambar dan suara ke Smartphone. Salah satu fungsi lain dari Mobile Intercom bisa digunakan sebagai remote control.

Alat komunikasi ini memiliki sistem operasi berbasis linux yang dapat di kendalikan dengan menggunakan aplikasi media social yaitu telegram. Telegram adalah layanan pesan cepat (Instant Messaging Service) yang berfokus pada kecepatan dan keamanan, super cepat, sederhana dan gratis. Anda dapat menggunakan Telegram di semua perangkat Anda pada waktu yang sama.

WHY MOBILE INTERCOM

Karena Mobile Intercom merupakan sebuah perangkat yang terinspirasi dari ide yang sedang trend saat ini yaitu IoT (Internet of Things) dimana sebuah benda kamu berikan sebuah koneksi internet. Dan benda itu bisa kamu kendalikan bahkan bisa memberikan informasi yang kamu perlukan. Selain itu IoT menjadi trending topic di media social di seluruh dunia. Karena jumlah populasi IoT sekarang dibandingkan manusia akan terus meningkat bahkan IoT ini akan menjadi sebuah kebutuhan bagi manusia untuk menunjang produktivitas kehidupan manusia.  Oleh sebab itu mengapa saya mengambil ide bagaimana menciptakan sebuah perangkat remote control melalui media internet yang fungsi lainnya dapat sebagai perangkat komunikasi layaknya seperti sebuah intercom, yang dapat berkomunikasi antara pesawat intercom yang satu dengan pesawat intercom yang lainnya. Inilah yang melatarbelakangi ide munculnya Mobile Intercom.

BENEFITS OF THIS PROJECT

  1. Bisa dijadikan asisten pribadi di ruangan Anda, saat Anda sedang tidak berada dalam satu ruangan. Karena sensor akan mendeteksi keberadaan seseorang di depan objek dan mengirimkan Pesan Notifikasi (Trigger of Notification) ke Smartphone pemilik ruangan.
  2. Menjadi bagian dalam mengembangkan trend perkembangan IoT (Internet of Things). Dimana benda-benda dan sensor-sensor terhubung dengan koneksi internet.
  3. Bisa sebagai remote control dengan implementasi pada objek/sensor yg berbeda. Karena adanya pesan notifikasi dari kondisi atau status alat dalam keadaan ON atau OFF

HOW MOBILE INTERCOM IS WORKING?

Untuk bisa menggunakan Mobile Intercom, memerlukan sebuah smartphone dan koneksi internet untuk bisa mengakses dan berkomunikasi dengan alat ini. Pada alat ini bisa ditambahkan dengan sensor lainnya seperti PIR Sensor, Ultrasonik Sensor, Gas Sensor, dll  sesuai dengan kebutuhan. Kemudian alat dipersiapkan dengan command-command yg terdapat pada masing-masing sensor tersebut. lalu, apabila sensor bekerja dan mendeteksi sesuatu. Maka pesan langsung di kirimkan ke Smartphone sebagai Pesan Notifikasi (Trigger of Notification).

GOAL OF THIS PROJECT

  1. Menciptakan perangkat komunikasi yang dapat terhubung ke Smartphone menggunakan koneksi internet.
  2. Membuat sebuah alat yang dapat mengirim pesan, gambar dan suara.
  3. Membuat alat ini tidak sebatas hanya media pengontrolan saja tetapi bisa menjadi solusi mengatasi keterbatasan jangkauan media bluetooth maupun Wireless-LAN.

THE ADVANTAGES OF THIS PROJECT

  1. Menggunakan Raspberry Pi sebagai media pengontrolan database sensor.
  2. Telegram sebagai media komunikasi antara smartphone dengan alat ini
  3. Dapat di digunakan kapanpun dan dimanapun layaknya sebuah asisten pribadi anda.

 

Sumber : http://zpreneur.org/mobile-intercom-communication-device-anytime-and-anywhere/

Views All Time
Views All Time
664
Views Today
Views Today
2

2 Comments

  • anggy

    ini projectnya ka nat ya ? hehe thanks ya kak for sharingnya ^^

  • romzinaufal

    Waah keren sekali nih artikel yang disharing 😀 Luar Biasa Romzi jadi tau lebih banyak tentang alat pada web Sistem Komputer ini 🙂 🙂

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.